1.
Konsep Teknologi
Konsep adalah ide atau gagasan. Teknologi adalah sesuatu yang dapat mempermudah manusia
dalam pekerjaannya. Teknologi dapat berbentuk alat ataupun software. Jadi, konsep teknologi adalah suatu ide atau
gagasan yang akan dimunculkan pada peristiwa nyata (waktu) melalui kemampuan teknik untuk memanfaatkan
alam bagi kesejahteraan manusia.
Konsep
teknologi meliputi:
a. Hardware
b. Software
Dalam
teknologi informasi meliputi:
Data
|
Software/Virtual Mesin
|
|
Informasi
|
||
Proses
|
Hardware
|
|
Informasi
|
Teknologi zaman dahulu adalah mekanikal atau software
mngikuti hardware. Sedangkan, sekarang hardware mengikuti software , jadi lebih
mengarah ke interface. Dengan kata lain teknologi saat ini mendekati virtual
machine.
Contoh:
Yang
disebut istansi bukan bentuk fisiknya, tetapi labih ke management-nya.
Teknologi lahir
ketika manusia memiliki satu masalah. dari masalah tersebut muncul beberapa kebutuhan. dari setiap kebutuhan, lahirlah teknologi. Dengan kata lain,
teknologi adalah jawaban dari segala masalah yang menjadi kebutuhan manusia.
2. Hubungan Android, IPhone,
Blackberry, dan Windowsphone
Teknologi kali ini memiliki tempat pusaran yaitu
Android, Ios, Blackberry, dan Windowsphone.
Dapat dilihat, bahwa keempat pusaran teknologi berupa operating system.
Operating system berarti software. Ini bukti dari persaingan yang menggunakan
software.
3. Pemasaran iOs, Android, Blackberry,
dan Windowsphone
Dalam proses pemasarannya Ios, android, blackberry, dan windowsphone memiliki strategi yang berbeda. Sehingga keempat OS ini dapat bersaing di pasar. Android merupakan OS paling banyak digunakan di pasar saat ini. Android menggandeng banyak vendor gadget. Posisi kedua setelah android diduduki Ios (iphone). iOs merupakan OS yang dimiliki oleh apple. Apple melahirkan berbagai hardware. Untuk selanjutnya adalah windowsphone, windowsphone kali ini mulai menggandeng beberapa vendor gadget. Blackberry untuk saat ini mengalami penurunan. Bahkan blackberry meluncurkan Blackberry Messengger yang dapat digunakan di android, ioS, dan windowsphone. Secara umum, agar teknologi berkembang maka harus memiliki tingkat kepercayaan pasar yang tinggi. Untuk mengetahui hal tersebut testing sangat diperlukan.
4. Testing
Testing diperlukan untuk mengetahui kelayakan
suatu benda, apakah si benda tersebut
layak dipakai atau tidak. Serta menguji ketahanan dari benda tersebut.
Testing memiliki dua jenis:
a. Blackbox
Software Tester tidak memiliki
akses source code atau mengetahui implementasi dari program tersebut untuk
mencari adanya kesalahan pada program dan juga tidak diharuskan memiliki
pengetahuan tentang programming dan implementasinya.
Karena tester hanya
akan berinteraksi dengan user interface yang menyediakan input dan
memeriksa outputnya dan menguji
performa program atau menguji function-function yang tidak bekerja dengan
benar.
b. Whitebox
White-box testing dilakukan oleh Software Engineer
karena membutuhkan pengetahuan tentang programming dan implementasinya. Hal-hal
yang biasa diuji dalam test cases seperti Loops(while or for loop), Decision
Making (if statement or switch statement) atau data structure.
5. Siklus Teknologi
a) Pada fase teknologi
diciptakan (fase
perancangan teknologi),
pasar tidak akan memberikan respons terhadap teknologi itu sendiri. pertumbuhan
awal teknologi cenderung lambat. Pada masa ini terjadi pecobaan-percobaan sistem dilakukan dan
dipecahkan. Pada masa ini pula
pengembang teknologi tidak mendapatkan income. Bahkan, ada juga yang mengalami
kerugian, karena seringnya melakukan percobaan-percobaan dan teknologi belum
berlaku di pasar.
b) Fase pertumbuhan terjadi setelah teknologi
diluncurkan ke pasar. Dalam fase ini volume pasar akan mengikuti laju
pertumbuhan teknologi.
Biasanya pertumbuhannya terjadi dalam waktu yang cukup cepat. Pertumbuhan ini
terjadi jika sebuah teknologi diterima pasar.
c) Pada fase pengembangan teknologi, kebutuhan pasar akan meningkat
jika teknologi tersebut memenuhi dan adanya inovasi teknologi yang dapat
menjawab kebutuhan pasar.
d) Pertumbuhan
teknologi akan melambat ketika mencapai fase kematangan teknologi. Hal ini
disebabkan karena tidak adanya inovasi dari teknologi tersebut. Sehingga
teknologi baru yang muncul akan menggeser teknologi yang ada di pasar.
Siklus dari suatu produk mungkin
akan bertahan ketika produk tersebut meluncurkan kembali ke pasar, ketika
produk sebelumnya berada di puncak.
6. Posisi Teknologi
Pada
dasarnya mengetahui posisi itu penting. Karena dengan posisi tersebut kita
dapat menentukan apa yang harus dilakukan. Begitu juga dengan teknologi. Agar
strategi yang akan diterapkan untuk mengembangkan teknologi itu tepat, maka
posisi teknologi harus diperhatikan. Jika strategi tidak sejalan dengan posisi,
maka strategi tersebut tidak akan berguna bahkan jika diterapkan bisa merugikan.
7. Teknologi dalam Dimensi Ruang dan Waktu
- Sama tempat, sama waktu
Dalam keadaan ini
memungkinkan dua pihak untuk mengambil
keputusan bersama dengan cara tatap muka atau menggunakan alat komunikasi namun masih dalam tempat dan waktu yang sama.Contohnya Audience response units, Shared workspace, dan File sharing.
- Sama tempat, waktu berbeda
- tempat berbeda, sama waktu
- tempat berbeda,waktu berbeda
Referensi:
budilp.staf.upi.edu rivayiarifanto.blogspot.comwww.purwadhikapress.comyurimuz.tripod.com
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus